Rabu, 24 April 2013

Tulisan Bebas 5 (Bahasa Indonesia 2)

Nama  : Siti Mardianah
Npm    : 16210600
Kelas  : 3EA16


LAPORAN

Laporan merupakan suatu cara komunikasi dimana penulis menyampaikan informasi kepada seseorang atau suatu badan karena tanggung jawab yang dibebankan kepadanya.

Laporan juga merupakan jenis dokumen yang menyampaikan informasi mengenai sebuah masalah yang diselidiki dalam bentuk fakta-fakta yang diarahkan kepada pemikiran dan tindakan yang akan diambil, hal-hal esensil, dan hal-hal pokok yang bertalian dengan tujuannya.

Dasar-dasar Laporan 
1. Pemberi Laporan
2. Penerima Laporan
3. Tujuan Laporan

Sifat Laporan
1. Mengandung imajinasi
2. Sempurna dan komplit
3. Disajikan secara menarik

Macam-macam Laporan
1. Laporan berbentuk formulir isian
2. Laporan berbentuk surat
3. Laporan berbentuk memorandum
4. Laporan perkembangan dan laporan keadaan
5. Laporan berkala
6. Laporan laboratoris

Unsur-unsur yang paling penting dari suatu kerangka laporan laboratoris:
1. Halaman judul
2. Objek dan tujuan
3. Teori: menyangkut teori mana yang diterapkan
4. Metode: prosedur-prosedur yang ditempuh
5. Hasil-hasil yang dicapai dalam percobaan
6. Diskusi atas hasil yang dicapai
7. Kesimpulan
8. Apendiks
9. Data asli
10. Laporan formal dan semi-formal

Ciri-ciri umum untuk menentukan apakah suatu laporan termasuk laporan formal:
1. Harus ada halaman judul
2. Biasanya ada sebuah surat penyerahan
3. Memiliki daftar isi
4. Ada sebuah ikhtisar (atau abstrak) yang mengawali laporan
5. Ada bagian pendahuluan
6. Bila ada kesimpulan dan saran (rekomendasi) biasanya diberi judul tersendiri
7. Isi laporan yang terdiri dari judul-judul dengan tingkat yang berbeda-beda
8. Bernada resmi, bergay impersonal
9. Bila perlu disertai dengan tabel-tabel dan angka-angka, baik yang terjalin dalam teks laporan maupun dikumpulkan dalam satu bagian tersendiri
10. Biasanya didokumentasikan secara khusus

Laporan formal adalah laporan yang memenuhi semua persyaratan diatas, nadanya bersifat impersonal, dan materinya disajikan dalam suatu pola struktur seperti yang terdapat dalam buku-buku.

Bila ada satu atau beberapa syarat tidak terpenuhi, laporan itu disebut semi-formal sedangkan laporan yang tidak memenuhi persyaratan diatas disebut laporan non-formal.

Laporan formal, semi-formal dan non-formal merupakan laporan yang bersifat resmi (formil). Bila laporan tersebut bersifat pribadi dan bentuknya sesuai dengan keinginan penulis maka laporan itu bersifat tidak resmi (informil).

Struktur Laporan Formal 
1. Halaman judul
2. Surat penyerahan
3. Daftar isi
4. Ikhtisar dan abstrak
 

Sumber : http://odebhora.wordpress.com/2011/11/11/belajar-tentang-laporan/  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar